Pengen Kurus, Kenapa Harus Latihan Beban di Rumah?

January 28, 2010, Posted by Denny Santoso at 10:00 am

Saya menulis artikel ini dengan konteks, kenapa sih orang yang cuma ingin kurus, koq malah saya suruh untuk berlatih beban di rumah? Bukankah biasanya yang penting olahraga, jogging pagi hari seputar kompleks perumahan, treadmill di rumah buat yang memiliki budget lebih atau bahkan ada yang bilang ’sudah capek seharian membersihkan rumah dan mengurus anak, kan sudah termasuk olahraga tuh’. Masih sangat susah diterima oleh kebanyakan orang ketika ingin diet untuk kurus dan membeli mesin treadmill, koq malah saya suruh membeli dumbell.Tetapi dengan semua kenyataan yang ada, tetap saja kan, susah sekali menurunkan berat badan hanya dengan melakukan kegiatan seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Saya pernah menulis artikel mengenai komposisi tubuh. Saya sarankan Anda mengetahui apa saja sih yang berkontribusi terhadap berat badan Anda. Berat tubuh mayoritas dipengaruhi oleh otot (daging) dan lemak. Untuk menurunkan berat badan dengan ’sehat’, Anda harus membuang lemak Anda, bukan otot Anda.

Saya juga sudah menjelaskan, bahwa lemak tidak bisa ‘hilang begitu saja’. Lemak akan dibakar di dalam otot. Itu proses terjadinya pembakaran. Ketika Anda sudah berolahraga jogging, treadmill, etc, itu proses membakar lemak melalui otot Anda. Anggaplah otot Anda adalah kumpulan ‘kompor’ yang bertugas membakar lemak Anda ketika Anda berolahraga. Lalu kenapa koq berat badan Anda tidak turun-turun?

Selalu saya tegaskan, masalahnya hanya satu apabila Anda sudah berolahraga tetapi berat badan Anda tidak kunjung turun yaitu kompor pembakar lemak Anda KURANG BANYAK. Bayangkan saja begitu banyak lemak di tubuh Anda, tetapi begitu sedikit kompor yang bertugas untuk membakarnya. Sekali lagi, kompor itu adalah otot Anda.

Satu-satunya jalan untuk Anda memperbanyak kompor di tubuh Anda adalah dengan melatih otot Anda. Tidak ada jalan lain selain Anda harus melakukan latihan beban untuk otot Anda. Otot Anda akan mengalami kerusakan ketika dilatih, itu yang menimbulkan rasa sakit setelah Anda berolahraga angkat beban. Dan nantinya, setelah kerusakan itu diperbaiki (dengan konsumsi nutrisi yang sehat termasuk protein yang cukup), maka otot tersebut akan berpikir ‘kemarin saya dengan kondisi sebelumnya, kena beban segitu koq rusak ya, berarti skrg saya harus memperkuat otot saya’. Nah hasil latihan Anda adalah otot yang lebih kuat dan otot yang lebih kuat akan membakar lemak Anda lebih cepat dari sebelumnya.

Itulah kenapa meskipun Anda berlatih di rumah, Anda harus menambahkan angkat beban meskipun itu hanya dengan menggunakan dumbell. Kombinasi latihan cardio dan latihan beban akan memberikan hasil yang terbaik bagi tubuh Anda.

Selamat berlatih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI DAN PROSES PENGUKURAN DALAM PENJAS ADAPTIF

Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien

Kenapa Sarapan Penting untuk Menurunkan Berat Badan