Kafein Tanpa Diet Sehat Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Orang yang minum kopi dalam jumlah banyak tetapi tidak mengikuti pola diet yang sehat cenderung berisiko terkena aritmia jantung. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian baru.

Para peneliti Italia menanyai pasien-pasien yang baru didiagnosa terkena aritmia jantung untuk mengetahui kebiasaan makan mereka, termasuk konsumsi kafein. Kemudian pola makan mereka dibandingkan dengan orang-orang yang tidak terkena aritmia jantung.

Penemuan ini diumumkan minggu ini pada pertemuan tahunan Perkumpulan Kardiologi Eropa di Barcelona.

Seperti yang diberitakan, pada penelitian ini, konsumsi kopi harian dibagi menjadi 4 kategori: rendah (1 cangkir/hari), sedang (2-3 cangkir/hari), tinggi (lebih dari 3 cangkir/hari) dan sama sekali tidak.

Para pasien juga dikategorikan berdasarkan ketaatan mereka pada diet Mediterania, yang kaya akan gandum utuh, minyak zaitun, buah-buahan dan sayuran serta sedikit daging merah.

Menurut penelitian ini, orang-orang yang mengalami aritmia jantung cenderung lebih sedikit yang menaati diet Mediterania ini dibandingkan mereka yang tidak terkena aritmia jantung. Pasien aritmia jantung juga mengkonsumsi lebih banyak daging merah dan olahan susu yang tinggi lemak.

Yang juga perlu digarisbawahi dari penelitian ini yaitu bahwa para pasien aritmia mengkonsumsi sumber antioksidan terbanyak dari kopi dibandingkan sumber makanan lain seperti buah-buahan, sayuran dan anggur (alkohol), seperti yang diungkapkan oleh para peneliti.

Para peminum kopi yang paling berat juga lebih banyak yang mengalami aritmia jantung daripada yang minum kopi lebih sedikit, begitulah hasil penemuan studi ini. Pada aritmia jantung, kedua atrium jantung bergetar abnormal, tidak seperti denyut biasanya, yang menyebabkan palpitasi jantung (berdebar-debar), sesak nafas, kelelahan dan peningkatan risiko terserang stroke.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI DAN PROSES PENGUKURAN DALAM PENJAS ADAPTIF

Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien

Kenapa Sarapan Penting untuk Menurunkan Berat Badan