Alasan & Motivasi Part II

May 7, 2009, Posted by Denny Santoso at 8:32 am

Pada artikel saya kemarin, saya telah membahas masalah turning point yang bisa membangkitkan motivasi dalam diri kita meskipun terpaksa. Saya juga menyebutkan bahwa banyak orang juga sudah mulai berolahraga ada diet tapi dengan BUTA. Apa sih sebenarnya yang saya maksud dengan berolahraga dan diet BUTA itu?

Kalau orang yang mengalami turning point ada kejadian yang tidak enak dan akhirnya berolahraga, sebagai contoh, Anda divonis terkena diabetes dan solusi terbaik adalah Anda harus jogging tiap hari, maka mau tidak mau Anda melakukan hal itu dengan TUJUAN YANG JELAS yaitu membuat gula darah Anda stabil. Jadi meskipun terpaksa melakukannya, tetapi tujuan Anda jelas. Tetapi banyak sekali kasus, malah saya liat hampir semua orang melakukan olahraga dan diet BUTA yaitu mereka berolahraga dan diet tanpa tahu tujuan yang JELAS.

Disini saya menekankan pada tujuan atau hasil yang jelas. Coba bayangkan apabila Anda mengendarai mobil, tapi tujuan Anda tidak jelas, Anda tidak tahu mau kemana lokasinya, asal nyetir saja, maka tiap belokan yang Anda hadapi akan membuat Anda bingung, ambil kiri, kanan atau tetap lurus? Selalu seperti itu. Banyak sekali orang diet yang saya tanya, tujuan Anda diet itu apa? Supaya kurus katanya. Seberapa kurus?? Dia jawab lagi, pokok kurus. Nah ini kan ga jelas sekali. Bayangkan kalau berat dia 100kg, tinggi 170cm, dan mau kurus tanpa menyebutkan suatu goal yang jelas, maka motivasi dia tidak akan kuat. Misalnya otak dia pengen beratnya jadi 55kg. Menurut dia itu kurus, tetapi 100kg menuju 55kg juga akan sangat susah sekali. Dan kalau beratnya cuma turun menjadi 90, maka motivasinya akan turun karena menurut dia koq susah sekali mencapai tujuannya.

Ada contoh lain, seseorang sedang tidak termotivasi dengan pekerjaannya. Setelah saya tanya, sama saja, dia tidak mempunyai tujuan yang jelas dengan pekerjaannya. Dia cuma menjawab bekerja untuk mencari uang. TITIK. Seberapa banyak? Tidak jelas. Pokok kerja….. Sehingga ketika tugas datang, dia hanya bisa mengeluh karena pekerjaannya tidak selesai-selesai.

Saya tidak akan membahas panjang mengenai Tujuan Anda. Satu hal yang perlu Anda perhatikan supaya motivasi Anda saat ini juga bisa naik dan kembali semangat adalah tentukan TUJUAN YANG JELAS. Anda boleh pake trick saya ini sekarang juga. Tutup mata Anda, bayangkan dengan kuat di mata pikiran Anda. Misalnya, saya ingin turun 5kg dalam waktu 2 bulan. Bayangkan dengan kuat diri Anda dengan berat 5kg lebih ringan. Bayangkan Anda melihat timbangan dan angkanya sudah turun 5kg dari hari ini. Bayangkan bentuk tubuh Anda saat sudah turun. Gambarkan diri Anda sekarang sudah cukup memakai pakaian yang berukuran lebih kecil. Semua itu Anda imajinasikan sejelas mungkin di pikiran Anda. Kemudian seolah-olah Anda mendengarkan pujian dan komentar orang-orang di sekitar Anda ketika Anda mencapai tujuan itu. Dan terakhir, rasakan sendiri di tubuh Anda. Enak sekali memiliki tubuh yang 5kg lebih ringan, lebih fit dan segar. Anda bisa melakukan aktivitas dengan lebih nyaman. Badan Anda tidak mudah capek. Imajinasikan dengan kuat semua hal itu di kepala Anda dan setelah itu buat diri Anda merasa seolah-olah tujuan Anda itu sudah tercapai. Anda sudah membayangkan dan merasakan semua itu di diri Anda saat ini.

Dengan melakukan hal di atas, saya harap motivasi Anda bisa meningkat lagi. Ingatlah bahwa tujuan Anda harus sejelas apabila Anda ingin mencapainya. Tujuan Anda harus bisa Anda liat, buktikan, rasakan dengan kuat. Dan sekarang, saya minta ANDA semua melakukan apa yang saya jelaskan dan berikan pendapat Anda setelah melakukan hal ini:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI DAN PROSES PENGUKURAN DALAM PENJAS ADAPTIF

Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien

Kenapa Sarapan Penting untuk Menurunkan Berat Badan