Berapakah Berat Badan Ideal Saya?

Berapakah berat badan ideal saya? Pertanyaan itu saya dengar setiap hari ketika memberikan konsultasi seputar manajemen berat badan. Tinggi saya sekian, berat badan saya sekian, sudah ideal atau belum? Berapakah harusnya berat badan saya? Atau saya berlatih fitness koq berat badan saya naik padahal saya mau menurunkannya? Sedangkan orang lain berkata, saya fitness koq berat saya turun, ga naik-naik? Ternyata masalah sederhana ini menjadi polemik tersendiri di dunia fitness.

Sebenarnya di dunia fitness, TIDAK ADA yang namanya berat badan ideal. Kalau kita mengikuti patokan lama yaitu tinggi badan dikurangi 110, sehingga misalnya tinggi kita 170cm, berat kita 60kg, bukankah itu akan menjadi terlalu kurus? Berat badan jangan terlalu dibuat patokan untuk mencari suatu berat yang ideal. Tubuh kita mayoritas terdiri dari lemak dan otot. Dua hal tersebut yang menentukan berat badan kita. Otot bertambah atau berkurang, berat kita akan terpengaruh, begitu juga dengan lemak bertambah atau berkurang, berat kita tentunya akan terpengaruh juga. Bedanya adalah timbunan lemak adalah tidak sehat dan lemak tidak bisa memberikan bentuk tubuh yang kita anggap ‘indah’.

Untuk mencari tahu berat badan ideal, patokan yang disarankan adalah bentuk tubuh yang kita lihat melalui cermin. Itu tahap awal yang harus kita lakukan. Sudahkan kita puas terhadap bentuk tubuh kita? Apakah perut saya masih terlalu berlemak? Apakah lengan saya terlalu bergelambir?

Banyak orang masih belum bisa menerima sudut pandang seperti ini, dan tetap memaksa bertanya BERAPAKAH BERAT BADAN IDEAL SAYA? Saya sendiri pernah mengalami dengan tinggi saya yang tetap seperti ini, berat saya pernah 61kg, dengan lemak yang sangat sedikit, dan badan saya keliatan cukup ideal, tetapi saya juga pernah berat saya 61kg juga, dengan lemak yang sangat banyak sehingga celana saya susah dikancingkan. Tinggi sama, berat juga sama yaitu 61kg, tetapi dua kondisi yang berbeda. Yang satu ideal dan yang satunya tidak. Masih adakah yang disebut berat ideal? Jawabnya adalah TIDAK ADA.

Selain memperhatikan cermin, kita juga bisa menghitung jumlah lemak di tubuh kita dengan menggunakan berbagai macam alat. Sebagai contohnya adalah dengan menggunakan fat monitor seperti yang ada disini. Kadar lemak normal untuk cowok adalah 15-20% sedangkan cewek 20-25%. Kadar lemak yang dapat dikatakan bagus sehingga bisa membuat tubuh lebih berbentuk adalah 10-15% untuk cowok dan 15-20% untuk cewek.

Panduan Berat Badan Ideal

Berlatih fitness untuk membentuk tubuh adalah melakukan dua hal, yaitu menurunkan jumlah lemak, dan meningkatkan jumlah otot. Otot bertambah berat akan naik, tubuh kita lebih berbentuk. Lemak berkurang berat akan turun tubuh kita akan berbentuk. Kalau misalnya otot bertambah 1kg, sedangkan lemak berkurang 1kg, ukuran celana kita akan berkurang meskipun di atas timbangan, berat kita tidak berubah. Jadi bagi kita yang ingin mempunyai tubuh yang ideal, jangan berpatokan dengan angka di atas timbangan karena banyak sekali faktor yang bisa membuat berat badan berubah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI DAN PROSES PENGUKURAN DALAM PENJAS ADAPTIF

Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien

Kenapa Sarapan Penting untuk Menurunkan Berat Badan